choose your languages

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 05 Agustus 2012

Samsung Kalahkan Apple, Alert bagi Nokia yang Merosot Tajam

Berdasarkan hasil riset terbaru dari International Data Corporation  (IDC), terungkap bahwa pasar smartphone tumbuh 42,1% pada kuartal kedua tahun 2012. Sementara pasar ponsel mobile global mengalami pertumbuhan tahunan hanya 1%. Secara umum vendor smartphone telah mengapalkan sekitar 153,9 juta unit pada kuartal kedua 2012, meningkat dibanding pengiriman smartphone di periode yang sama tahun 2011 sejumlah 108,3 juta unit.



Pada sisi vendor, Samsung kembali memimpin pasar pada kuartal kedua tahun ini berkat diluncurkannya smartphone unggulan terbaru miliknya, Galaxy S III dan keberhasilan dari phablet Galaxy Note. Vendor asal Korea itu berhasil mencapai rekor penjualan smartphone per kuartal dengan menjual 50,2 juta handset. Pengiriman tahunan smartphone buatan Samsung meningkat 172,8% dan kini pihaknya pun berhasil mengamankan pangsa pasar 32,6%.

Apple dalam laporan itu berhasil menjual 26 juta unit iPhone dan meraup pangsa pasar 16,9%. Pesaing terdekat Samsung itu, diuntungkan oleh penawaran iPhone melalui mitra operator regional dan penyedia layanan prabayar, yang membantu vendor yang berbasis di Cupertino itu berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 16,9%.

"Samsung dan Apple dengan cepat menjadi vendor smartphone global kelas berat meskipun keduanya menggunakan pendekatan yang agak berbeda di pasar," kata Kevin Restivo, analis senior IDC seperti dilansir BGR.

"Samsung menggunakan sebuah strategi ‘senapan’ di mana banyak model dibuat yang meng-cover berbagai segmen pasar. Apple, sebaliknya, menawarkan sejumlah kecil dari model yang high-profile," lanjutnya.

Berbeda dengan Samsung dan Apple yang terus mendominasi pasar smartphone, Nokia justru terus alami penurunan penjualan. Jika smartphone Symbian dan MeeGo terperosok, ponsel Windows Phone Lumia tampaknya belum bisa dibilang sukses di pasar. Pada kuartal kedua 2012, vendor asal Finladia itu menjual 10,2 juta unit smartphone, dengan angka penurunan tahunan 38,9%. Bahkan, pangsa pasar Nokia juga menurun tajam dari 15,4% pada kuartal kedua tahun 2011 menjadi 6,6% pada kuartal yang sama tahun ini.


HTC berada di posisi keempat setelah Nokia dengan penjualan 8,8 juta unit perangkat dengan pangsa pasar 5,7%.

ZTE secara mengejutkan kini berhasil masuk ke dalam lima besar vendor smartphone dengan penjualan terbanyak dengan mengirimkan 8 juta unit dan berhasil mengamankan pangsa pasar 5,2%. Berkat smartphone entry-level yang terlihat sukses di Cina, membuat ZTE mengalami peningkatan tahun ke tahun hingga 300%. Tak hanya itu, ZTE juga berhasil menyalip RIM (produsen BlackBerry) di kancah persaingan pasar smartphone global



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Yang Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

Artikel Komputer Copyright © 2013 MyBlog Design