choose your languages

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 27 Juli 2013

SIMCARD Telepon Sekarang Ini Bisa Dihack

Semakin pintar saja Peretas zaman sekarang. Memanfatkan kelemahan dari SIMCARD (biasa disebut SIM) bisa melakukan pencurian data pribadi, hanya dengan mengirimkan 2 SMS? Penelitian terbaru yang dilakukan analis keamanan, Karsten Nohl, menunjukkan hal tersebut bisa dilakukan. Celakanya, proses hacking ini bisa dilakukan hanya dalam waktu sekitar 2 menit.



Kelemahan enkripsi DES (Data Encryption Standard) yang saat ini diadopsi oleh kartu SIM menjadi sebagai biang kerok dari hadirnya celah keamanan itu. Karsten menjelaskan sepintas bagaimana cara menembus keamanan ini, yaitu dengan mengirim pesan dengan kode khusus yang seakan-akan datang dari operator ke kartu SIM di ponsel. Ponsel kemudian akan menganggap pesan tersebut sebagai pesan kesalahan dan secara otomatis menjawab balik ke pengirim pesan dengan menyertakan semua informasi yang dibutuhkan hacker untuk membobol kunci digital dari kartu SIM.

Akibat dari bobolnya keamanan tadi adalah kontrol penuh hacker tehadap ponsel korbannya. “Kita bisa memasang aplikasi dari jarak jauh. Kita juga bisa memata-matai Anda. Kita tahu kunci enkripsi yang dipakai untuk menelpon. Kita bisa baca SMS Anda. Labih jauh, kita juga bisa mencuri data di kartu SIM, mencuri identitas Anda, atau memakai biling telepon Anda,” jelas Karsten seperti dikutip dari fastcompany.com

Riset hacking Karsten ini dilakukan di 1000 kartu SIM yang dipakai di jaringan seluler negara-negara Amerika Utara dan Eropa. Kendati demikian, Karsten hanya berhasil menembus keamanan pada sekitar seperempat dari kartu-kartu tadi. Itu berarti sekitar setengah dari enam miliar ponsel dunia yang memakai DES, tiga per empat dari satu miliar ponsel memiliki kelemahan ini. Kabar baiknya, kartu SIM dengan sistem ekripsi 3DES baru terbebas dari masalah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Yang Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

Artikel Komputer Copyright © 2013 MyBlog Design