choose your languages

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 05 September 2011

Facebook Uji Coba Fitur Translate Posting dan Komentar


Facebook Uji Coba Fitur Translate Posting dan Komentar


Facebook diduga sedang membuat sebuah fitur baru penerjemahan real-time yang secara otomatis akan mengkonversi tulisan orang lain ke dalam bahasa yang digunakan pengguna dengan meng-klik sebuah tombol. Dengan kata lain 750 juta pengguna Facebook di seluruh dunia akan mendapatkan cara baru untuk berkomunikasi satu sama lain meskipun berbeda bahasa.

Belum jelas apakah layanan ini sedang diuji atau malah sudah dibenamkan ke dalam situs, namun dalam Facebook milik Eric Eldon, salah satu penulis blog Inside Facebook, dilaporkan bahwa beberapa pengguna melihat sebuah link "translate" muncul di sebelah komentar pengguna. Link tersebut hanya akan muncul apabila komentar diketik dalam bahasa yang berbeda, bukan standar yang digunakan oleh pengguna, misalnya komentar ditulis dalam bahasa Prancis, tapi bahasa Anda diatur ke dalam bahasa Inggris, maka secara otomatis link tersebut akan muncul. Tapi Facebook tidak akan menerjemahkan bahasa yang sama dengan yang telah diatur oleh pengguna (tidak peduli seberapa buruk ejaan atau tata bahasa).

Tidak ada indikasi bagaimana fitur ini dapat bekerja bagi mereka yang telah mengadopsi pilihan bahasa pada Facebook, misal ''Pirate" atau "Upside Down".

Ketika pengguna mengklik pada link "translate" maka akan tampak pilihan sejumlah bahasa dan untuk saat ini yang ada adalah bahasa Spanyol, Inggris, Cina dan Ibrani. Teks asli akan berganti dengan terjemahan dari Facebook. Untuk kembali ke teks asli maka cukup klik link "original' yang telah menggantikan link "translate" sebelumnya.

Namun, fitur ini tidak akan menerjemahkan semua komentar. Apabila Facebook tidak bisa menguraikan terjemahan maka akan muncul pesan "There is no translation available for this story at the moment". Penerjemahan teks juga masih dibatasi untuk halaman Facebook. Tidak ada option yang akan menerjemahkan secara keseluruhan profil dari pengguna asing, atau untuk pesan bahasa asing yang ada di wall pengguna.

Namun demikian, fitur ini memberikan manfaat lebih banyak untuk komunikasi secara global. Pengguna tidak perlu lagi menyalin teks dan menyisipkan teks ke perangkat pihak ketiga hanya untuk mengetahui apa yang dikatakan oleh teman-teman mereka di Facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Yang Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

Artikel Komputer Copyright © 2013 MyBlog Design