choose your languages

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 02 Desember 2011

Samsung Hentikan Produksi Netbook Tahun 2012



Samsung Electronic, salah satu produksen elektronik terbesar dunia dan konglomerat semikonduktor berencana menghentikan produksi komputer netbook. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung notebook ultra-portable, tablet serta ultrabook.



Pekan lalu Samsung mengirim email kepada salah satu mitranya, yang berisi pemberitahuan mengenai penghentian produksi netbook 10.1” pada awal tahun depan. Sebagai gantinya akan ditawarkan laptop ultraportable 11.6” dan 12” yang lebih powerfull sekaligus ultrabook ditahun 2012. Langkah tersebut secara tidak langsung mengklaim, Samsung akan menutup bisnis ultra low-cost personal computer (ULCPC) dan menegaskan bahwa perangkat dengan layar 10.1” harus tablet.

Email yang dipublikasikan website Blogee dan diduga milik Samsung menyatakan, “Sesuai dengan pengumuman strategi baru untuk tahun 2012, kami menghentikan produksi perangkat 10.1” (netbook) pada kuartal pertama 2012 untuk mendukung produk ultraportable (11.6” dan 12”) serta ultrabook yang akan diluncurkan pada tahun 2012.”

Komputer netbook dengan form-factor clamsheel dengan layar 7” hingga 10” dan mikroprosesor murah, diposisikan sebagai PC ultra-portable dengan harga terjangkau. Namun pada kenyataannya, sistem tidak pernah digunakan sebagai PC tradisional.

Netbook terlalu lambat untuk menjalankan aplikasi produktif dan memiliki performa yang lemah, sehingga kurang diminati para profesional maupun pengguna yang senang dengan multimedia. Banyak orang hanya memfungsikan perangkat hanya untuk browsing internet, komunikasi, serta menjalankan aplikasi ringan. Ketika media tablet seperti Apple iPad dengan fungsi serupa serta interface dan portabilitas lebih baik muncul di pasaran, popularitas netbook kemudian mulai menurun.

Saat ini Samsung bisa menawarkan fungsi komputasi dasar melalui tablet Galaxy Tab, menggunakan komponen yang diproduksi sendiri serta menjanjikan lebih banyak keuntungan bagi Samsung dibanding netbook bertenaga Intel Atom. Tidak mengherankan kemudian Samsung ingin menghentikan produksi netbook dan berkonsentrasi pada tablet dan notebook ultra-portable.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Yang Menarik Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

Artikel Komputer Copyright © 2013 MyBlog Design